Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Senin, 16 September 2013

Lahirnya Ilmu Kimia

0 komentar
http://en.wikipedia.org
Jika Anda sedang berada di kamar membaca artikel ini, coba perhatikan benda-benda di sekeliling Anda. Meja belajar, kaca jendela, gelas minuman, komputer pribadi Anda, kasur tempat tidur, keramik di lantai, karpet yang menyelimutinya, bahkan tangan Anda yang berada di atas keyboard komputer, cobalah untuk bertanya dalam hati: terbuat dari apakah semua ini?. Sekarang Anda bayangkan untuk keluar dari rumah Anda, kemudian lihatlah pohon, hewan, air yang mengalir, batu, rumput, aspal jalanan - bagaimana Tuhan menciptakan semua ini? Anda bayangkan sedang berada di pesawat ruang angkasa, Anda melihat ke luar jendela, planet, bulan, bintang, serta asteroid bertebaran sejauh mata memandang, ada yang berkilau bercahaya, ada yang berwarna-warni, ada yang hanya menyerupai batu, kusam, diam dan membisu - bagaimana semua ini bisa terjadi?

Semua yang kita perhatikan tersebut semuanya adalah zat, benda, atau materi. Lalu mengapa semua tampak bermacam-macam, ada yang serupa, ada pula yang berbeda. Mengapa batu amat keras, sedangkan karet amat elastis, mengapa air dapat mengalir, sementara tiang penyangga bangunan hanya bisa berdiri kokoh? Itu karena benda-benda tersebut tersusun dari penyusun-penyusun yang berbeda. Apakah penyusun-penyusun materi atau benda tersebut? Ialah atom. Atom merupakan bagian terkecil penyusun benda-benda yang dapat kita lihat sehari-hari, mulai dari butiran garam yang sangat kecil hingga bumi dan matahari yang amat besar. Mengapa matahari amat panas dan bercahaya, sedangkan bulan amat kusam, diam? Karena ada interaksi pada atom-atom penyusun matahari sehingga menghasilkan panas dan cahaya yang tiada tara, sedangkan pada bulan, interaksi semacam tersebut tidak dapat ditemukan. Lalu, apa hubungannya dengan ilmu kimia?

Ilmu kimia adalah suatu ilmu pasti yang dapat menjelaskan secara detil pertanyaan-pertanyaan diatas. Ilmu kimia menjelaskan tentang struktur materi, sifat serta perubahannya. Struktur materi yang berbeda menyebabkan sifat yang berbeda, jenis perubahannyapun akan berbeda. 


Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here