Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Sabtu, 01 Juni 2013

Inilah Foto Molekul Resolusi Tinggi Pertama di Dunia!!!

3 komentar
Hampir sejelas diagram struktur pada buku teks, gambar ini diambil dengan menggunakan  mikroskop gaya atom nirkontak (noncontact atomic force microscope). Gambar ini memperlihatkan posisi individual atom dan ikatan kimia sebuah molekul yang memiliki 26 atom karbon dan 14 atom hidrogen yang memiliki struktur sebagai tiga cincin benzen yang saling terhubung. (Credit: Lawrence Berkeley National Laboratory and University of California at Berkeley)
Bogor, MajalahKimia - Ketika Felix Fischer dari Berkeley Lab Departemen Energi A.S. mengembangkan struktur nano yang terbuat dari grafen menggunakan metode kimia baru, sebuah kejutan terjadi: gambar nyata atom-atom karbon individual beserta ikatan kimianya.

"Kami tidak bertujuan membuat gambar yang bagus, reaksi tersebut sendiri lah yang merupakan tujuan utamanya", ujar Fischer, staf ilmuwan di Lab Material Science Berkeley sekaligus profesor kimia di University of California, Berkeley.

Apa yang mikroskop perlihatkan pada para peneliti - ujar Fischer - sangat luar biasa. Hasil reaksi sendiri sebenarnya di luar dugaan, gambar yang dihasilkan lebih mengejutkan lagi.

Struktur Nano Grafen Bottom Up

Struktur nano grafen dapat membentuk transistor, gerbang logika (logic gates), dan elemen lainnya untuk keperluan alat elektronik yang sangat tipis, tetapi dalam pabrikasi secara masa sangat sulit dan memerlukan akurasi tingkat tinggi. Fischer dan koleganya merekayasa struktur nano grafen dari ukuran kecil ke tingkat nano, dengan mengubah rantai atom karbon lurus menjadi lembaran heksagonal (hidrokarbon poliatomis), menggunakan reaksi yang ditemukan oleh Prof. Robert Bergman.

Proses pembuatan grafen
"Di dalam larutan, terdapat puluhan senyawa yang merupakan hasil dari reaksi yang kita gunakan, dan mengkarakterisasi hasil tersebut sangatlah sulit", ujar Fischer. "Di dalam larutan 3D kami membuat sistem 2D. Kami mengambil molekul starter kami - sebuah struktur yang disebut oligo-enediyne, tersusun dari tiga cincin benzen yang dihubungkan dengan atom-atom karbon - dalam permukaan perak, dan kemudian menginduksi reaksi dengan pemanasan".

Dari sebuah penelitian yang diduga tidak akan berhasil, justru didapatkan gambar molekul pertama dengan resolusi tinggi di dunia. Begitulah sains. :-)

Sumber: phys.org
***

3 Responses so far.

  1. Doni says:

    Wah.. nantinya utk menentukan struktur molekul tidak butuh instrument spr NMR dan IR dong?

  2. Mungkin saja, tapi hingga saat ini - berdasarkan artikel diatas - nampaknya hanya dapat diterapkan pada molekul dengan struktur planar (2 dimensi saja), untuk molekul yang memiliki struktur 3 dimensi seperti protein kemungkinan masih sulit. Tetapi siapa tau nanti - dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat - struktur 3 dimensi dapat ditentukan dengan cara serupa :)

  3. yuga says:

    kapan pertamma kalinya?

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here