Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Senin, 21 Januari 2013

Inilah Manfaat Lipase dalam Industri

0 komentar
Enzim Lipase (Sumber: http://strubi.uni-graz.at)

MajalahKimia - Enzim merupakan salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses biologis. Senyawa ini dapat mengkatalisis proses-proses kimia yang terdapat dalam sistem makhluk hidup. Proses biologis dapat berjalan secara efisien disebabkan adanya enzim yang bekerja secara spesifik terhadap substratnya. Hingga saat ini terdapat sebanyak 4000 enzim yang telah berhasil dipelajari. Sebanyak 200 dari enzim tersebut kemudian diisolasi, diproduksi, dan digunakan untuk keperluan industri. Salah satu enzim yang  banyak digunakan untuk keperluan industri adalah enzim lipase.

Lipase adalah salah satu jenis enzim yang dapat memecah lemak atau lipid menjadi asam lemak dalam proses biologis. Selain memecah lemak, enzim ini berfungsi untuk mengkatalisis proses transesterifikasi dalam tubuh. Dalam dunia industri, enzim ini sudah banyak digunakan sebagai katalis yang murah dan ramah lingkungan. Inilah manfaat enzim lipase dalam dunia industri.

1. Lipase dalam Industri Deterjen
Karena kemampuannya dalam menghidrolisis lemak atau trigliserida, lipase dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam deterjen untuk keperluan industri maupun rumah tangga. Lipase untuk keperluan deterjen setidaknya harus memenuhi persyaratan-persyaratan berikut: (1) Spesifisitas substrat yang rendah, artinya adalah enzim ini harus dapat menghidrolisis berbagai jenis lemak dengan berbagai komposisi. (2) Memiliki ketahanan yang baik terhadap kondisi ekstrim, seperti pH dan gesekan mekanik. (3) Memiliki ketahanan yang baik terhadap kehadiran surfaktan dan enzim lainnya.

2. Lipase dalam Industri Makanan
Lemak dan minyak merupakan salah komponen penyusun makanan yang sangat penting. Nilai nutrisi dan sifat fisik dari lemak dan minyak sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah posisi asam lemak dalam kerangka gliserol, panjang rantai asam lemak, serta derajat kejenuhan pada rantai asam lemak. Enzim lipase dapat digunakan untuk memodifikasi sifat lemak dan minyak dengan memanipulasi posisi rantai asam lemak dalam gliserida dan mengganti satu atau lebih asam lemak dengan jenis asam lemak lainnya.

3. Lipase dalam Industri Bubur Kertas dan Kertas
Komponen hidrofobik atau biasa disebut dengan 'pitch' dalam kayu (biasanya berupa trigliserida atau wax), dapat menyebabkan beberapa masalah dalam industri bubur kertas dan kertas. Enzim lipase dapat digunakan untuk menghilangkan pitch dari bubur kertas yang diproduksi sebagai bahan baku pembuatan kertas. Nippon Paper Industries, sebuah perusahaan kertas dari Negeri Sakura Jepang telah mengembangkan metode kontrol pitch menggunakan enzim lipase dari Candida rugosa untuk menghidrolisis hingga 90% trigliserida dalam kayu.

4. Lipase dalam Industri Bahan Kimia Organik
Manfaat enzim lipase dalam sintesis bahan kimia organik saat ini menjadi sangat penting. Enzim lipase digunakan untuk mengkatalisis berbagai macam proses kimia regio-, serta stereo-selektif. Kebanyakan enzim lipase yang digunakan dalam sintesis organik berasal dari mikroba. Enzim tersebut dapat bekerja pada kondisi batas hidrofilik dan lipofilik dan dapat mentolerir keberadaan pelarut organik.

5. Lipase dalam Industri Oleochemical
Dengan adanya penggunaan enzim lipase, proses industri oleochemical dapat diperhemat dari segi biaya dan energi. Enzum lipase dapat meminimalkan degradasi suhu selama proses alkoholisis, asidolisis, hidrolisis, dan gliserolisis.

Sumber: Biotech. Adv., 2001, 19, 627-662

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here