Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Sabtu, 08 Desember 2012

Tidak Semua Lemak Buruk Bagi Kesehatan, Ini Dia!

0 komentar
Empat Jenis Lemak Yang Menyehatkan (sumber: dinnertools.com)

MajalahKimia - Jika anda mendengar pola hidup dan pola makan sehat biasanya hal yang pertama kali terlintas di kepala adalah hindari lemak. Sebenernya tidak semua jenis lemak memiliki dampak buruk bagi kesehatan, tentu saja seperti lemak sehat untuk jantung yang tak jenuh justru menyehatkan tubuh. Pola makan sehat bukan hanya harus selektif dalam memilih asupan makanan, tetapi memperhitungkan pula komposisi asupan tersebut.

Sebagai hitungan sederhana, sedikitnya kurang dari 30 persen total kalori tubuh manusia harus terdiri dari lemak, dan dari jumlah ini, hanya sekitar 25 persen terdiri dari lemak jenuh dan nol persen lemak trans. Berikut ini adalah 4 jenis makanan mengandung lemak yang menyehatkan tubuh dan disarankan untuk dikonsumsi.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa telah lama menjadi favorit para vegan untuk menggantikan lemak dari hewan selama bertahun-tahun. Meski termasuk kategori lemak jenuh, minyak kelapa dapat menjadi instrumen untuk kesehatan Anda, karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Tambahkan satu sendok teh kecil pada Teh Anda untuk menuai manfaat hebat dari minyak ini. Andapun dapat menggunakannya sebagai minyak goreng.

2. Alpukat
Asam lemak tak jenuh tungggal (mono unsaturated fatty acid, MUFA) yang terkandung dalam alpukat, terbukti dapat mengurangi lemak perut. Selain dibuat jus buah, alpukat bisa dijadikan pengganti mayones dan olesan untuk roti isi anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memblender alpukat tersebut untuk cocolan atau saus salad serta roti isi Anda.

3. Hummus
Selain kacang garbanzo, bahan utama dari resep ini adalah minyak zaitun. Apakah Anda membelinya di toko atau memilih untuk membuatnya sendiri, hummus mengandung lemak yang sehat. Jenis utama dari lemak yang terkandung dalam hummus adalah MUFA. Penelitian telah membuktikan bahwa MUFA dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, MUFA juga dapat menurunkan kadar kolesterol, menormalkan pembekuan darah, dan insulin. Kombinasi ini berguna untuk membantu penyembuhan diabetes tipe 2, jadi masukkanlah hummus ke dalam menu makanan anda.

4. Biji Rami
Mengunyah biji rami benar-benar dapat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Sementara itu, biji utuh yang besar sempurna bila dijadikan bahan tambahan membuat smoothie.

sumber: female.kompas.com

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here