Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Kamis, 20 Desember 2012

Memurnikan Air Dengan Minyak???

1 komentar
Minyak dan Air (Sumber:photographyblogger.net)
Inovasi radikal ini tidak sengaja ditemukan ketika Anurag Bajpayee - seorang peneliti dari Massachusetts General Hospital - melakukan penelitian untuk mengawetkan sel manusia dalam kondisi beku. Bajpayee memasukkan gliserol anti-beku ke dalam sel dengan tambahan minyak kedelai, dengan tujuan untuk memekatkan gliserol. Dalam suatu perbincangan menarik dengan rekannya, tercetuslah ide untuk menggunakan minyak kedelai untuk menghilangkan pengotor dari air.
MajalahKimia - Bajpayee kemudian membuat proses sederhana menggunakan minyak untuk menghilangkan kontaminan dari air. Proses ini diharapkan dapat diterapkan dalam skala industri dan pertanian dengan kebutuhan biaya dan energi yang sangat rendah.

Minyak kedelai merupakan salah satu jenis minyak yang dapat digunakan sebagai "pelarut yang dapat melarutkan air". Minyak ini dapat melarutkan molekul air tanpa melarutkan molekul lainnya yang terdapat dalam air, seperti garam. Minyak kedelai dapat menyerap air ketika dipanaskan pada suhu sekitar 40 derajat Celcius dan meninggalkan segala molekul kontaminan. Setelah dilakukan pendinginan kembali, maka akan didapatkan air dengan tingkat kemurnian tinggi, minyaknya pun dapat digunakan kembali untuk proses pemurnian selanjutnya.

Kunci dari mekanisme proses ini adalah tulang punggung dari minyak, yakni asam lemak. Sebagian besar dari strukturnya menolak kehadiran air, tetapi pada salah satu sisinya - yakni gugus karboksilat - dapat membentuk ikatan hidrogen dengan air.




"Hal tersebut mengejutkan saya ketika dapat benar-benar bekerja", ujar Jean Claude Bradley, kimiawan dari Drexel University. "Ini adalah sesuatu yang paling menakjubkan dalam kimia beberapa tahun terakhir ini".

Walaupun demikian, penelitian Bajpayee memerlukan sekitar satu kolam renang minyak hanya dapat memurnikan satu gelas air. Oleh karena itu Dia mencari jenis pelarut lain yang lebih efisien. Perhatian saat ini terdapat pada asam dekanoat, yang terdapat secara alami dalam susu. Jenis asam tersebut diperkirakan dapat lebih berinteraksi dengan molekul air. Asam lemak tersebut dapat mengubah air laut menjadi air tawar.

Penelitian selanjutnya sekarang masih terus dilakukan untuk dapat menemukan jenis minyak yang lebih efektif untuk dapat memurnikan air. Dengan melihat rendahnya kebutuhan energi dan biaya yang diperlukan, maka penemuan radikal ini dapat menjadi salah satu alternatif pemurnian air di masa depan.

sumber: Scientific American
***


One Response so far.

  1. Anonim says:

    Mau nanaya kemaren sama praktik kimia organik dapetnya penetapan kadar karbohidrat di biskuit pake metode titrasi luff scroll kan disuruh dipanasin + pendingin tegak ya abis dimasukin larutan luff nya terus diperintahinnya sampe membentuk endapan merak . . tapi pas prakteknya enggak ada endpan merah itu kenapa mohon dijelaskan

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here