Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Jumat, 06 Januari 2012

Amonium Klorida, Obat Batuk Paling Aman

2 komentar
Batuk adalah penyakit yang biasa dialami oleh makhluk hidup. Tentunya anda pernah mengalaminya bukan? Batuk pada dasarnya adalah respon tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam rongga tenggorokan, semacam debu, kotoran ataupun mikroba. Namun adakalanya batuk menjadi lebih sering diakibatkan karena terhambatnya saluran pernapasan karena infeksi oleh bakteri atau virus. Untuk menyembuhkannya biasanya kita selalu meminum obat batuk, baik tablet maupun sirup. Tetapi, batuk kadangkala menjadi penyakit yang muncul dengan frekuensi tinggi sehingga frekuensi meminum obat menjadi sangat tinggi. Apakah ini aman?

Obat batuk tablet
Obat batuk cair
Obat batuk bentuk tablet biasanya mengandung dektrometorfan, guafenisin, dan fenilefedrin. Sementara pada obat batuk cair biasanya mengandung ammonium klorida, dietilen glikol dan guafenisin.

Dari keempat senyawa tadi, memiliki fungsi yang berbeda dalam menyembuhkan batuk. Dalam hal ini, kita mengenal yang namanya ekspektoran dan antitusif. Sebenarnya dua nama ini adalah definisi yang berbeda dalam dunia kedokteran. Namun definisi ini menjadi sama ketika di iklan - iklan obat yang mengubah paradigma konsumen.

Fenilefedrin
Dekstrometorfan
Guafenisin
Dietilen glikol
Ammonium Klorida

Senyawa seperti dekstrometorfan dan fenilefedrin memiliki fungsi antitusif. Antitusif artinya supresan batuk atau anti batuk. Dekstrometorfan akan masuk ke pembuluh darah dan dibawa ke otak. Selanjutnya senyawa ini akan mendorong otak mengurangi batuk. Selain itu, senyawa ini mendorong produksi histamin, yang merupakan senyawa hasil respon imun tubuh terhadap patogen yang masuk.

Hanya saja, kedua senyawa ini adalah turunan morfin, yang mempunyai efek langsung ke otak. Dosis yang besar menyebabkan ketagihan dan dalam waktu yang lama menyebabkan kerusakan sistem otak. Efek awal biasanya adalah pusing, mual, lalu tak sadarkan diri. Hal ini sudah dialami oleh pengguna pil dekstro yang dijual bebas di apotek atau warung. Tentunya ini sangat berbahaya bagi kita.

Sedangkan senyawa semacam ammonium klorida, dietilen glikol dan guafenisin berfungsi sebagai ekspektoran. Cara kerjanya adalah dengan merangsang tubuh menghasilkan lebih banyak hidrasi sekresi, yang menyebabkan terbentuknya hasil sekresi yang lebih bersih dan melumasi saluran tenggorokan. Hal ini memicu drainase kelenjar lendir yang selanjutnya menyembuhkan iritasi pada saluran tenggorokan.

Hanya saja, dietilen glikol dinyatakan dilarang sejak 2007 setelah ratusan kematian di Panama akibat keracunan obat ini. hal ini dikarenakan metabolisme dietilen glikol membentuk asam glioksilat, yang tidak dapat dicerna dan menumpuk di tubuh. Jika ada ion kalsium maka akan membentuk kalsium oksalat yang tidak larut di darah dan mengendap. Sementara guafenisin berpotensi mengakibatkan batu ginjal karena proses metabolisme yang hampir sama dengan dietilen glikol. selain itu, guafenisin juga berpotensi menghasilkan alergi dan mulut kering. Meskipun efeknya tidak sehebat dietilen glikol, namun guafenisin juga perlu diwaspadai.

Morfin


Ammonium klorida dianggap paling aman karena sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai efek sampingnya ke tubuh. Tetapi, menurut analisis dari Kimia sendiri, amonium klorida sangat larut dalam air menghasilkan ion amonium dan ion klorida. Ion amonium sendiri dalam basa menghasilkan amonia, yang merupakan urin. Hal ini menyebabkan senyawa ini mudah dicerna dan dibuang dari tubuh. Tentunya ini lebih aman bagi tubuh.

Setelah membaca artikel ini, semoga anda menjadi waspada dalam memilih obat batuk. Jangan sampai overdosis dan mulai kurangi ketagihan anda apabila anda sudah mengalami ketagihan akibat terlalu sering mengkonsumsi obat batuk tadi. Pilihlah yang aman dan lebih sehat bagi tubuh!

2 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Good info. Thanks.

  2. Anonim says:

    thanks for the info. really helpful!

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here