Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Sabtu, 21 Januari 2012

20 Hal yang Tidak Anda Ketahui Mengenai Kristal

0 komentar
Kristal Batu Kecubung
Oleh: Rebecca Coffey
  1. Semua ini adalah mengenai ritme: Kristal adalah kumpulan atom, ion, maupun molekul yang memiliki susunan tiga dimensi yang berulang.
  2. Hampir semua material padatan dapat mengkristal, bahkan DNA. Ahli kimia dari New York University, Purdue University, dan the Argonne National Laboratory baru saja membuat kristal DNA yang cukup besar untuk dilihat dengan mata telanjang. Hasil kerja mereka dapat memiliki aplikasi dalam pengembangan nanoelektronik dan desain obat (drug design).
  3. Salah satu hal yang bukan merupakan kristal: kaca "kristal" bertimbal. Kaca memiliki atom-atom maupun molekul-molekul yang memiliki susunan beracak, bukan susunan yang teratur seperti pada definisi kristal.
  4. Bagian dari permukaan planet bumi yang paling tua adalah kristal zirkon yang berusia 4,4 milyar tahun yang terdapat di Jack Hills, Australia bagian barat.
  5. Pusat bumi pernah dianggap sebagai suatu kristal tunggal yang memiliki panjang sekitar 1.500 mil. Studi siesmik pada saat ini menunjukkan bahwa pusat bumi kemungkinan besar merupakan agregat dari kristal yang lebih kecil.
  6. Kristal silikat kecil yang memerlukan suhu tinggi untuk terbentuk, telah ditemukan di dalam komet es dari tata surya yang jauh, yakni chilly edges. Nyala api yang kuat dari matahari kemungkinan telah memberikan panas yang diperlukan.
  7. Di Chihuahua Meksiko, sebuah batu kapur yang terkubur sedalam 1.000 kaki dari permukaan tanah mengandung kristal terbesar di dunia: formasi kristal yang berkilau dengan diameter 6 kaki dan panjang 36 kaki. Kristal tersebut memiliki berat sekitar 55 ton.
  8. Anda mungkin berada pada gua gipsum sekarang: Itu merupakan komponen utama drywall.
  9. Apakah jalanan di New York beraspalkan emas? Tidak, tetapi batuan dasar sekis mengubur emas dengan bertahtakan opal, beryl, chrysoberyl, garnet, dan tiga jenis turmalin.
  10. Pada tahun 1885, garnet dengan berat hampir 10 pon telah ditemukan terkubur di 35th Street dekat Broadway, dekat dengan toko Macy sekarang. Menurut isu yang berkembang, garnet tersebut telah digali seiring dengan pembangunan kereta bawah tanah atau oleh buruh penggali selokan.
                           
  11. Lebih murah dengan Pound, yang disebut dengan "Subway Garnet" telah dijual dalam satu hari, dilaporkan hanya seharga beberapa ratus dolar Amerika sekarang.
  12. Satuan untuk mengukur batu berlian adalah karat. Karat (Carat) berasal dari bahasa Yunani keration, atau "carob bean"(biji karob), yang digunakan sebagai standar untuk menimbang dalam jumlah yang kecil. Satuan karat ekivalen dengan 200 miligram, atau sekitar 0.007 ons.
  13. Ketika Richard Burton membawakan berlian Taj-Mahal yang berbentuk hati untuk Elizabeth Taylor, dia berkata untuk membual, "batu ini memiliki banyak karat, hampir seperti lobak".
  14. Sebuah berlian mewah berwarna merah muda baru saja menjadi rekor dunia ketika dibeli pada suatu lelang dengan harga 46 juta dolar Amerika oleh seorang jeweler dari London.
  15. Berlian Cullinan pernah menjadi batu permata terbesar di dunia. Berlian tersebut memiliki berat 3.106 karat atau mendekati satu setengah pon ketika ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Disebut pernah karena pada saat ini batu tersebut dipotong menjadi seratus bagian.
  16. Batu Cullinan dan segala kesempurnaannya pada saat ini merupakan bagian dari tanda kebesaran Inggris. Behemot terbesar (530 karat) telah dipasang pada tongkat kebesaran Kerajaan Inggris.
  17. Pada tubuh kita terdapat kristal dari natrium klorida, sering disebut garam. Jika seluruh air diuapkan dari lautan di bumi, maka akan tersisa sebanyak 4.5 juta mil kubik garam, ekivalen dengan sebuah kubus yang memiliki panjang 165 mil pada setiap sisinya.
  18. Kristal lainnya yang biasa ditemukan adalah gula. Rata-rata setiap orang Amerika memakannya lebih dari 130 pon per tahun.
  19. Selain dapat menyebabkan obesitas dan merusak gigi, penelitian terbaru dari Imperial College London menyebutkan bahwa gula dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
  20. Salju merupakan kristal air yang hampir murni. Namun ketika berkumpul pada tanah, ia dapat bertindak sebagai penampung polutan atmosfer seperti merkuri dan jelaga. Jadi anda jangan sembarangan untuk memakan salju!.
Sumber:
Discovery, Mei 2011

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here