Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Minggu, 11 Desember 2011

Vitamin C, Nikmati Manfaatnya!

3 komentar
Vitamin C
Vitamin C, atau zat yang memiliki nama kimia asam askorbat merupakan zat aditif makanan multifungsi. Selain sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh, senyawa ini juga biasa digunakan sebagai agen yang dapat mempercepat pemutihan pada tepung. Antioksidan disini didefinisikan sebagai inhibitor yang bekerja menghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas sehingga radikal tersebut menjadi tidak reaktif. Dari mekanisme kerjanya, asam askorbat akan sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam.

Struktur Asam Askorbat
Pada beberapa makanan, seringkali terselip sedikit kandungan asam askorbat yang diperoleh dari kandungan buah maupun hasil sintesis. Sampai saat ini belum ditemukan efek samping yang berarti apabila asam askorbat dikonsumsi secara berlebihan. Asam askorbat sangat larut dalam air sehingga dapat dieksresikan oleh tubuh melalui urin apabila terdapat dalam jumlah berlebih. Karena kelarutannya itulah, vitamin C sering banyak terbuang apabila buah atau sayuran diolah dengan cara yang salah, misalnya perendaman dan perebusan dalam waktu yang lama.


3 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Bagaimana dengan vit C 1000mg? apakah itu baik utk tubuh?
    Krn yg saya dengar konsumsi 500mg vit. C sudah cukup, jika terlalu banyak percuma krn akhirnya akan terbuang bersama urin.
    Mulai minggu kmrn saya mulai rajin mengkonsumsi vit C (Vitalong C 500mg), tetapi malah tubuh saya jadi kurang fit, skrg saya flu.
    Apakah seseorang dapat anti toleran thd vitC?
    Trims.

    -Ayra-

  2. Anonim says:

    Kebutuhan vitamin C manusia menurut WHO hanya 45 mg per hari. Jadi sebenarnya tanpa asupan suplemen dari luar pun, alias hanya konsumsi normal seperti buah dan sayuran saja sudah cukup. http://en.wikipedia.org/wiki/Vitamin_C#Daily_requirements

  3. ardiawan says:

    kebutuhan vitamin itu tergantung dr aktifitas kita, sbg contoh pekerja yg stress memerlukan asupan vitamin yg lebih

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here