Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Minggu, 11 Desember 2011

Tartrazin, awas BAHAYA!

0 komentar

Selama ini tanpa kita sadari, banyak sekali zat tambahan pada makanan kita. Zat-zat tambahan tersebut dapat berupa penguat rasa, pemberi aroma, pemberi warna, ataupun pengawet. Salah satu zat pewarna yang sering digunakan adalah tartrazin.

Struktur Tartrazain
Tartrazin atau Yellow 5 atau C.I.29140 adalah bahan pewarna sintetik yang memberikan warna kuning pada bahan makanan maupun minuman. Bahan ini juga sering dikombinasikan dengan Brilliant Blue FCF (suatu bahan pewarna) untuk memberikan gradasi warna hijau. Tartrazin banyak terdapat pada produk makanan, minuman, mie instant, pudding, serta permen. Zat ini juga terdapat dalam sabun, kosmetik, sampo, serta moisturizers.

Pada jumlah yang tinggi, tartrazin dapat menyebabkan sejumlah alergi dan intoleransi bagi orang-orang yang intoleransi terhadap aspirin atau penderita asma. Gejala alergi terhadap tartrazin dapat timbul apabila senyawa ini terhirup atau ditelan. Gejala alergi yang dapat timbul diantaranya adalah sesak napas, pusing, migrain, pandangan kabur, serta sulit tidur.

Menurut The American Academic of Pediastrics Committee on Drugs, tartrazin dapat menyebabkan gangguan kesehatan, diantaranya adalah tumor pada kelenjar tiroid, Lymphocytic lymphomas, serta kerusakan kromosom. Penggunaan tartrazin sendiri telah dihentikan di beberapa negara, yakni Austria, Norwegia, serta Jerman.

Saat ini, satu-satunya cara paling efektif untuk menghindari tartrazin adalah dengan tidak mengkonsumsinya sama sekali. Tartrazin dapat diganti oleh pewarna makanan alami, yakni beta karoten yang sama-sama dapat memberikan warna kuning. Selain itu, jadilah konsumen yang bijak dengan melihat bahan apakah yang terkandung dalam produk makanan atau minuman yang kita konsumsi.



Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here