Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Minggu, 25 Desember 2011

Misteri Arus Baterai Mobil Terpecahkan!

0 komentar
Akhirnya misteri yang berumur 150 tahun mengenai arus baterai mobil terpecahkan  oleh ahli kimia. (Credit:  © Kelpfish / Forolia)

ScienceDaily.com (20 Des 2011) - Lead-acid batteries (baterai timbal-asam, red) memiliki kemampuan untuk menghantarkan arus yang sangat besar yang diperlukan untuk menghidupkan mesin mobil. Hal ini disebabkan oleh konduktivitas elektrik yang sangat tinggi yang dimiliki material anoda baterai, timbal dioksida. Walaupun teknologi ini sudah ditemukan pada tahun 1859, hingga sekarang para ilmuwan masih bekerja keras untuk mengetahui alasan mengapa timbal dioksida memiliki konduktivitas yang sangat tinggi.

Tim peneliti dari Oxford University, The University of Bath, Trinity College Dublin, dan The ISIS neutron spallation source akhirnya untuk pertama kali dapat menjelaskan penyebab utama konduktivitas tinggi yang dimiliki oleh timbal dioksida. Laporan penelitian ini muncul dalam isu terkini Physical Reviews Letters.

"Kemampuan unik dari baterai timbal-asam untuk memberikan arus lonjakan lebih dari 100 amp untuk menghidupkan mesin mobil sangat bergantung pada fakta bahwa timbal dioksida yang menyimpan energi kimia dalam anoda baterai memiliki konduktivitas listrik yang sangat tinggi, sehingga memungkinkan arus besar dapat dihasilkan" ujar Profesor Russ Egdell dari Departemen Kimia Oxford University, yang juga penulis paper.

"Bagaimanapun, asal-muasal penyebab konduktivitas yang dimiliki timbal dioksida masih menjadi kontroversi. Oksida-oksida lainnya yang memiliki struktur yang sama dengan timbal dioksida, seperti titanium dioksida, malah bersifat insulator", tambahnya.

Dengan mengkombinasikan kimia komputasi dan difraksi neutron, tim tersebut memperlihatkan bahwa timbal dioksida secara intrinsik bersifat insulator dengan band gap elektronik yang kecil. Keunikannya adalah oksida ini akan menjadi kaya elektron karena hilangnya oksigen dari kisi, hal ini menyebabkan material ini akan berubah dari insulator menjadi konduktor logam.

Para ilmuwan tersebut percaya bahwa wawasan ini dapat membuka jalan baru untuk memilih dan memperbaiki material untuk teknologi baterai modern. Profesor Egdell berkata: "Hasil kerja ini memperlihatkan kekuatan kombinasi peramalan sifat material melalui pemodelan dengan pengukuran state-of-the-art secara eksperimen".


  • University of Oxford (2011, December 20). Mystery of car battery's current solved. ScienceDaily. Retrieved December 25, 2011, from http://www.sciencedaily.com/releases/2011/12/111220193312.htm

Leave a Reply

 
Majalah Kimia © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here